Sabtu, 09 Februari 2008

Riwayat sekolahku.....

Aku dilahirkan di kampung yang sangat pelosok di wilayah kabupaten Kulonprogo, tepatnya di dusun Kalangan, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah. Masa kecilku sepenuhnya saya habiskan di kampung itu. Mengawali pendidikan di dusun, aku masuk TK ABA, selama satu tahun sayabermain dengan temen-temn. Mesti di dusun namun TK saya cukup ramai dan mneyenangkan. Ibu guru yang penuh kesabaran mengajak bermain, memberikan cerita, bernyanyi, berlomba, melawat dan seabreg kegiatan kekanak-kanakan yang lain. Senang betul waktu itu. Dengan temen2 yang bandel-bandel kadang membuat ibu guru itu marah. KAmi berkelai, saling dorong, saling pukul, dan....... saling menangis. itulah tingkah polah anak kecil yang selalu menguji kesabaran sang guru.

Selesai TK, dengan mengikuti prosesi akademik yang begitu berwibawa kami di wisuda dan pulang membawa ijazah. Gagah betul! punya ijazah untruk kali pertma. Selembar kertas yang di bungkus plastik rapi itu tertempel foto imut-imut. Eh... amit-amit kali..... Bangga membawa ijazah kerumah dan pingin segera ditunjukkan kepada Bapak..... (Pingin dapet pujian)

beberapa hari kemudian, dengan diantar oleh Mamak, aku didaftarkan ke sebuah SD Negeri. Sekolah yang letaknya kurang lebih 3 km dari rumah. Dengan berjalan kaki aku dan Mamak meuju ke SD Negeri PAnjatan 1. itulah sekolah tempat mengikuti pendidikan dasarku.

Diterima di kelas I bersama temen2 yang tak kukenal sebelumnya, meski ada beberapa yang telah saya kenal karena berasal dari satu kampung. Temen-temen sekampungku antara lain : Tono, Ponidi, Dikum, Panut, Tumar, Yadi, Haris, Poniman. Mereka semua kini masih tinggal di kampung dan hidup bahagia di sana.

Sekolah di SD Negeri Panjatan 1 banyak kenangan yang lucu, aneh, kesel, dan lain-lain. (Kesan-kesan diposting lain kali aja).
Beberapa nama guru sangat lekat di hati ini, Beliau adalah Ibu Ekonomi, Ibu Sri Wijanti, Ibu Samsidah, Ibu Darwati, Ibu Suci, Bapak Suradjiman, Bapak Suparjo. Mereka semua orang orang berjasa dalam hidupku. Atas bimbingan mereka kini aku dapat menjalani hidup di dunia pendidikan, seperti mereka menjadi guru. Sikap beliau mengilhami sejak kecil untuk bercita-cita menjadi guru.

Enam tahun sudah berlalu, dan dengan memperoleh ijazah saya melanjutkan sekolah tingkat lanjutan pertama di SMP Bumirejo, Guru-guruku antara lain, Bapak Pardi, Bapak Taryo, Ibu Prapti, Bapak Samuri, Ibu Nunuk, dan lain-lain. Bersma mereka kujalani hari-hari belajar di SMP Bumirejo. Kawa-kawanku : Sartono, Isuryadi, Heru, Sito, Danding, Sumantri, Dandung, Erna, Tutik, dll.

Tiga tahun menempuh hari-hari di pendidikan tingkat lanjutan pertama. Lulus tahun 1996, melanjutkan ke SMA Negeri 1 Lendah. Bersama guru-guru istimewa seperti pak Paijan, pak Sugeng, pak Edi, pak Sumantoro, Ibu Retno, Ibu Endang, dll. Kawan-kawanku, Aris, Purwanto, Endang, Kelik, Asih, Arie, Afif, dll. Dimanakah engkau sekarang?

Lulus SMA tahun 1989, melanjutkan studi di D3 UGM jurusan matematika. Temen-temen, Iwan, Joko, Lubis, dlll. dah tugas dimana sekarang??

Lulus UGM tahun 1992 mendapat tugas ikatan dinas untuk mengajar di SMA Negeri 1 Cepiring, sambil mengajar elanjutkan studi ke IKIP Semarang, lulus tahun 1999.

Itulah perjalanan sekolahku...........

3 komentar:

BETY-KIMIA mengatakan...

hebat..ternyata atasan saya berdarah singa.& semua kata yang terungkap sangat puitis.

BETY-KIMIA mengatakan...

pertama kali aku baca. betapa aku terkesima. pelan2 kuhayati isinya.dan akhirnya kusimpulkan" panjenengan memang orang eksak campur sastra"

Narto_Kendal mengatakan...

Makasih ya Bu Bety....
Komentarnya... Senang mambaca komentar dari Bu. Bety
Blog njenengan di buat yang bagus ya... Kalau saya ini provokator saja, jadi asal temen2 dah bikin blog yang bagus maka berbahagialah saya...
Bravo...!!!